Menguras Emosi, Berikut 5 Film Korea Tentang Pembullyan

Bagikan Artikel Ini

Pembullyan merupakan tindak kekerasan yang sering terjadi di sekolah atau lingkungan kerja. Tindak kekerasan ini dapat berupa lisan maupun fisik yang bertujuan untuk mengintimidasi seseorang. Beberapa film korea tentang pembullyan sangat menguras emosi dan bikin geregetan. Berikut rekomendasi film korea yang mengangkat kisah tentang pembullyan.

Rekomendasi Film Korea Bertema Bullying

Compassion

Drama Korea Compassion

Film ini mengisahkan tentang seorang siswi bernama Jung Ha Na yang menderita insomnia setelah teman sekelasnya melakukan bunuh diri. Akibat insomnia yang dideritanya, Jung Ha Na menjadi benci kepada kedua orang tuanya. Pasalnya, suatu malam ia melihat orang tuanya tidak harmonis, namun keesokan paginya kedua orang tua Ha Na baik-baik saja seperti tidak terjadi apa-apa.

Jung Ha Na mulai membenci orang tuanya yang bermuka dua. Kemudian, datanglah seorang kakak kelas bernama Se Mi yang mendekati Ha Na. Setelah keduanya dekat, sikap Ha Na menjadi berubah dan karena sikap inilah, ia menjadi sasaran bully teman-teman satu kelasnya. Film korea tentang pembullyan ini wajib masuk ke dalam daftar tontonan film anda.

 

Thread of Lies

Thread of Lies

Rekomendasi film selanjutnya adalah Thread of Lies yang mengisahkan tentang sebuah keluarga kecil yang terdiri dari seorang ibu dan dua orang anak perempuan. ibu ini adalah seorang single parent dengan dua putri yang memiliki karakter berbeda. Sang kakak, Man Ji, merupakan orang yang berani, cuek, dan tidak peduli.

Sementara sang adik, Cheon Ji, adalah anak yang pintar, patuh, dan rajin. Karena karakternya, Man Ji memiliki banyak teman di sekolahnya. Hal ini berkebalikan dengan Cheon Ji yang tidak memiliki teman satu pun. Bahkan, ia menjadi sasaran bully teman-temannya karena karakter yang dimilikinya.

Sekalipun bullying di dalam film korea tentang pembullyan ini tidak dilakukan secara frontal, namun Cheon Ji tetap merasa tertekan dengan keadaan yang tidak memihak padanya. Hingga kemudian, Cheon Ji memutuskan untuk mengakhiri hidupnya dengan cara gantung diri.

Kematian Cheon Ji yang tidak meninggalkan sepucuk surat atau buku harian ini membuat Man Ji penasaran. Ia pun melakukan penyelidikan tentang penyebab kematian sang adik yang tanpa jejak. Penyelidikan itu pada akhirnya membuat orang-orang yang pernah dekat dengan Cheon Ji, termasuk sang ibu ikut terlibat di dalam kasus bunuh diri tersebut.

 

Baca Juga : 45+ Rekomendasi Drama Korea Terbaik Sepanjang Sejarah Dari Berbagai Genre

My Little Baby, Jaya

My Little Baby, Jaya

Seorang gadis bernama Jaya memiliki seorang ayah yang menderita cerebral palsy. Gadis ini diterima di sebuah SMA elit yang berada di kota dan mengharuskannya untuk pindah tempat tinggal. Film korea tentang pembullyan ini menceritakan awal mula kasus bullying yang diterima oleh Jaya, yaitu ketika ia diterima menjadi anggota klub paduan suara dan disukai seorang kakak kelas.

Kakak kelas ini merupakan keponakan dari ketua yayasan tempat Jaya bersekolah. Hingga suatu ketika ia sedang berkumpul dengan teman-temannya, Jaya ditanya perihal pekerjaan ayahnya. Ia menjawab bahwa ayahnya adalah seorang pebisnis pakaian, padahal kenyataannya sang ayah berprofesi sebagai pedagang kaki lima.

Karena ketahuan berbohong, ia pun menjadi sasaran bullying dari teman-temannya, termasuk kakak kelas yang menyukainya. Jaya pun sampai dikeluarkan dari sekolah karena difitnah. Setelah itu, ia bekerja di sebuah swalayan dan menceritakan kisahnya kepada bos tokonya yang kebetulan merupakan ahli di bidang hukum.

 

Socialphobia

Socialphobia Drama Korea

Film korea tentang pembullyan yang harus anda tonton selanjutnya adalah Socialphobia. Film ini mengisahkan tentang dua orang pemuda bernama Young Min dan JI Wong yang sedang mendaftar sebagai anggota kepolisian. Keduanya merasa kesal karena komentar negatif seorang netizen di sosial media yang membahas tentang kematian seorang tentara.

Hal tersebut membuat Young Min dan Ji Wong beserta tujuh temannya melakukan penyelidikan tentang kebenaran artikel tersebut dan membawa mereka ke sebuah apartemen. Mereka melakukan penggeledahan di apartemen tersebut dan disiarkan secara langsung di internet. ketika melakukan penggeledahan, mereka justru menemukan mayat seorang wanita yang bunuh diri.

 

Bleak Night

Bleak Night

Rekomendasi film yang bertema kasus bullying selanjutnya adalah Bleak Night. Film ini mengangkat kisah tentang tiga siswa yang bersahabat, yaitu Ki Tae, Hee Joon, dan Dong Yoon. Ketiganya memiliki sifat yang sangat bertolak belakang. Hee Joon dan Dong Yoon adalah anak yang baik dan patuh, sementara Ki Tae adalah berandalan dan pembully di sekolah.

Karena perbedaan sifat tersebut, persahabatan ketiganya menjadi renggang. Hingga kemudian, Ki Tae ditemukan tewas gantung diri oleh ayahnya. Karena kematian Ki Tae, ayahnya mulai mencari tahu penyebab kematian anaknya dari foto-fotonya bersama Hee Joon dan Dong Yoon.

Rekomendasi film korea yang bertema pembullyan di atas dapat anda tonton untuk menambah wawasan bahwa kasus bullying merupakan kasus yang bisa menyebabkan gangguan fisik dan mental. Bahkan, berawal dari bullying, seseorang bisa berakhir bunuh diri atau melakukan tindakan menyakiti diri sendiri.

Tinggalkan komentar